1
Buku Pembelajaran dan Penilaian HOTS Dalam PKB/PKP 2019Buku Pembelajaran dan Penilaian HOTS Dalam PKB/PKP 2019 - Selamat datang kembali di fisika-pak-ipung.blogspot.com, semoga update yang kami share kali ini bisa memberikan manfaat banyak untuk kita semua. Terimakasih kepada rekan-rekan guru yang sudah mampir ke blog kami yang sederhana ini.


Berkenaan dengan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi, Buku Pembelajaran dan Penilaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) ini dibuat. Karena memang Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pada pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar yang sebaiknya dimiliki oleh seorang guru professional.

Dalam postingan sebelumnya kami juga sudah bagikan Paket Unit Pembelajaran PKB/PKP yang dikhususkan untuk guru Mata Pelajaran. dan untuk Buku yang satu ini diperuntukan secara umum (seluruh guru) khususnya yang mengikuti Program PKP Berbasis Zonasi 2019.

Buku Pembelajaran HOTS Dalam PKB/PKP 2019

Pembelajaran HOTS

Pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dapat dilakukan dengan 3 model pembelajaran yang diharapkan dapat membentuk perilaku saintifik, sosial serta mengembangkan rasa keingintahuan. Ketiga model pembelajaran tersebut adalah :
  1. Model Pembelajaran Melalui Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning),
  2. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning/PBL),
  3. Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project- based Learning/PJBL).

Dalam pembelajaran HOTS, tingkat kemampuan yang diberikan kepada peserta didik bukan lagi kemampuan tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills/LOTS) seperti mengetahui (C-1), memahami (C-2), dan mengaplikasikan (C-3), tetapi kemampuan tingkat tinggi seperti menganalisis (C-4), mengevaluasi (C-5), dan mengkreasi (C-6).

Buku Penilaian HOTS Dalam PKB/PKP 2019
Penilaian HOTS

Aspek pengetahuan (KI-3) dapat diukur melalui tes, baik test lisan atau test tulisan. Test lisan berupa sejumlah pertanyaan yang telah disiapkan oleh guru dan dijawab secara lisan oleh siswa. Test tertulis terdiri dari dari dua model yaitu objektif seperti Pilihan Ganda (PG), menjodohkan, Benar-Salah (BS), dan isian singkat. Sedangkan model non objektif bisa berbentuk soal uraian.

Karakteristik Soal HOTS antara lain, 
  1. Mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi, 
  2. Berbasis permasalahan kontekstual, 
  3. Menggunaan bentuk soal beragam, dan 
  4. Mengukur level kognitif C-4 (menganalisis), C-5 (mengevaluasi), dan C-6 (mengkreasi). 
Adapun langkah-langkah penyusunan soal HOTS sebagaimana tercantum pada Buku Panduan Penilaian HOTS yang diterbitkan oleh Kemdikbud (2018 : 17-18) sebagai berikut:

1. Menganalisis KD Untuk Soal-soal HOTS

Tidak semua KD dapat dibuatkan model-model soal HOTS. Guru-guru secara mandiri atau melalui forum KKG/MGMP dapat melakukan analisis terhadap KD yang dapat dibuatkan soal-soal HOTS.

2. Menyusun kisi-kisi soal

Kisi-kisi penulisan soal-soal HOTS bertujuan untuk para guru dalam menulis butir soal HOTS. Secara umum, kisi-kisi tersebut diperlukan untuk memandu guru dalam:
  • Merumuskan IPK
  • Memilih materi pokok yang terkait dengan KD yang akan diuji
  • Merumuskan indikator soal
  • Menentukan level kognitif
  • Menentukan bentuk soal dan nomor soal

3. Memilih Stimulus yang Menarik dan Kontekstual

Menarik dalam hal, Stimulus tersebut mampu mendorong peserta didik untuk membaca Soal dengan antusias. Stimulus yang menarik umumnya baru, belum pernah dibaca oleh peserta didik. Sedangkan Stimulus Kontekstual berarti stimulus yang relevan dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari, yang artinya guru harus pintar memilih sebuah kasus aktual yang bisa diangkat dalam materi soal.

4. Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal

Kaidah penulisan butir soal HOTS, agak berbeda dengan kaidah penulisan butir soal pada umumnya. Perbedaannya terletak pada aspek materi, sedangkan pada aspek konstruksi dan bahasa relatif sama. Setiap butir soal ditulis pada kartu soal, sesuai format terlampir.

5. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban

Setiap butir soal HOTS yang ditulis hendaknya dilengkapi dengan pedoman penskoran atau kunci jawaban. Pedoman penskoran dibuat untuk bentuk soal uraian. Sedangkan kunci jawaban dibuat untuk bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks (benar/salah, ya/tidak), dan isian singkat.

Penilaian Sikap
Sikap terdiri dari dua jenis, yaitu sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2). Instrumen utama penilaian sikap adalah instrumen observasi sedangkan jurnal, penilaian diri, dan penilaian antarteman menjadi instrumen penilaian pendukung. 

Penilaian sikap peserta didik oleh guru menggunakan lembar observasi dan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Adapun jurnal, penilaian diri, dan penilaian antarteman dilakukan sewaktu-waktu. Penilai sikap bisa menjadi bagian dari penilaian proses, misalnya pada saat diskusi kelompok guru berkeliling dan mengamati dan aktivitas peserta didik selama diskusi berlangsung.

Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan melalui penilaian praktik, produk, dan proyek. Penilaian yang relevan dengan penilaian keterampilan yaitu KD-KD pada KI-4, misalnya menyusun laporan, percobaan di laboratorium, praktek membaca Alquran, praktek salat, praktek olah raga, praktek menari, praktek membuat sebuah karya, praktek menulis puisi, praktek membaca atau menulis puisi, dan sebagainya. Intinya, pada saat penilaian keterampilan, peserta didik harus mampu memperlihatkan penguasaannya dalam melakukan sebuah gerakan, mempresentasikan sebuah laporan, atau menghasilkan sebuah produk.


Download Buku Pembelajaran HOTS Dalam PKB/PKP 2019

Download Buku Penilaian HOTS Dalam PKB/PKP 2019


Download Juga !!!


Sekian informasi terbaru yang dapat kami bagikan untuk Buku Pembelajaran dan Penilaian HOTS Dalam PKB/PKP 2019. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang sudah menjadi kewajibannya sebagai pendidik. Terimakasih telah berkunjung ke blog fisika-pak-ipung.blogspot.com, dan sampai bertemu lagi dikesempatan yang akan datang.

Posting Komentar

 
Top