2
Format Analisis Ulangan Harian K13 SD SMP SMA (Buku Kerja 3) - Selamat datang kembali di fisika-pak-ipung.blogspot.com, pada kesempatan yang baik ini kami akan bagikan salahsatu perangkat yang wajib dibuat oleh setiap guru. Dalam kegiatan pembelajaran akan diakhiri dengan kegiatan evaluasi khususnya pada jenis Tes Tulis pada Penilaian Harian.

Hasil dari Penilaian/Ulangan Harian tersebut harus dianalisis oleh guru untuk mengetahui mengetahui tingkat kesukaran butir soal, efektifitas option jawaban, menentukan status soal apakah bisa diterima untuk ulangan yang akan datang atau tidak. Selain itu juga bermanfaat untuk mengetahui prosentase ketutasan belajar setiap peserta didik, serta menentukan peserta didik yang harus mengikuti remedial atau pengayaan.

Format Analisis Hasil Ulangan Harian K13 SD SMP SMA (Buku Kerja 3)

Format Analisis Ulangan Harian K13 SD SMP SMA (Buku Kerja 3)


Jika mengacu pada Buku Kerja Guru, maka Analisis Ulangan Harian ini terdapat dalam Buku Kerja 3. Dalam kegiatan analisis ini banyak informasi yang harus diolah selain hanya nilai siswa. Dalam tahap awal kita harus melakukan analisis terhadap Butir Soal yang sudah kita gunakan pada penilaian/ulangan tersebut. Berikut dibawah ini akan saya jelaskan sedikit proses analisis hasil ulangan disertai dengan gambar menggunakan Format Analisis Harian.

Analisis Ketuntasan Belajar


analisis hasil ulangan
analisis hasil ulangan

Ketuntasan belajar ini untuk mengetahui prosentase jumlah siswa yang tuntas dan belum tuntas dalam pembelajaran yang sudah dilakukan. Siswa dinyatakan tuntas dalam belajar jika skor yang diperoleh mencapai KKM baik perseorangan ataupun secara klasikal. Dalam proses ini anda hanya perlu menginput data siswa, nomor dan bobot nilai soal, dan skor yang diperoleh siswa dalam Aplikasi Analisis Hasil Ulangan Harian.

Peringkat Hasil Ulangan


analisis hasil ulangan
analisis hasil ulangan

Dalam tahap ini kita hanya menyusun peringkat (rangking) berdasarkan skor yang didapat dalam ulangan/penilaian tersebut. Disini anda tidak perlu mengisi apapun, karena data diambil dari sheet sebelumnya pada tahap pertama dalam analisis ketuntasan belajar.

Analisis Butir Soal
Setelah 2 tahap diatas, kita juga akan menganalisis butir soal yang sudah kita gunakan dalam ulangan tersebut. Kegiatan ini berfungsi untuk mengetahui Tingkat Kesukaran Soal serta Daya Pembeda dan Penerimaan Butir Soal (Diterima/Direvisi atau diperbaiki).

Program Remedial dan Pengayaan


analisis hasil ulangan
analisis hasil ulangan


Bagi yang berminat untuk memiliki Format Analisis ini anda bisa mendownloadnya melalui link yang sudah kami sediakan dibawah ini.

Download Format Analisis Ulangan Harian Kurikulum 2013 SD SMP SMA


Download Juga !!!


Sekian informasi terbaru yang dapat kami bagikan untuk Format Analisis Ulangan Harian K13 SD SMP SMA (Buku Kerja 3). Semoga bermanfaat dan dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang sudah menjadi kewajibannya sebagai pendidik. Terimakasih telah berkunjung ke blog fisika-pak-ipung.blogspot.com, dan sampai bertemu lagi dikesempatan yang akan datang.

Posting Komentar

  1. Slmat malam pak..
    Apakah saya boleh mnta paswordnya pak??
    Jika boleh bisa dikirimkan ke email agata070892@gmail.com
    Tks
    GBU

    BalasHapus

 
Top