0
Pembahasan Lengkap Contoh Soal HOTS Pada UN SMA/SMK - Sebelumnya kami ucapkan selamat datang kembali di fisika-pak-ipung.blogspot.com, terimakasih kepada rekan-rekan guru yang sudah menyempatkan diri mampir ke blog kami yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini kami akan bahas tentang Soal HOTS yang baru-baru ini menjadi perbincangan hangat dikalangan pendidik.

Contoh Soal HOTS Pada UN SMA/SMK
Pembahasan Lengkap Contoh Soal HOTS Pada UN SMA/SMK

Pengertian Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills)

HOTS sendiri merupakan bagian dari ranah kognitif yang ada dalam Taksonomi Bloom yakni kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berfikir ini diklasifikasikan menjadi :
  1. Mengingat (remembering)
  2. Memahami (understanding)
  3. Mengaplikasikan (applying)
  4. Menganalisis (analyzing)
  5. Mengevaluasi (evaluating)
  6. Mencipta (creating)
Diantara keenam kemampuan berfikir diatas, 1-3 termasuk pada kemampuan berfikir tingkat rendah (LOTS) dan 4-6 termasuk pada kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS). Jadi yang dimaksud dengan Soal HOTS adalah soal yang mampu mengakomodasi/mendorong siswa untuk berfikir pada tahap Menganalisis, Mengevaluasi, dan Mencipta.

Karakterisitik Soal HOTS

Soal bisa dikatakan termasuk soal hots apabila memnuhi beberapa karakteristik, diantaranya :

1. Mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi

Kemampuan berpikir tingkat tinggi dilakukan melalui proses menganalisis, merefleksi, memberikan argumen, dan menerapkan konsep dalam situasi yang berbeda. Itulah sebabnya, jawaban atas soal-soal HOTS tidak tersurat secara eksplisit dalam stimulus.

Soal HOTS dirancang untuk mendorong peserta didik mendapatkan jawaban yang kreatif dan ahli dalam pengambilan keputusan secara efektif. Peserta didik juga diharapkan dapat berlatih mengeluarkan argumen dan memecahkan masalah.

2. Berbasis permasalahan Kontekstual

Soal HOTS berbasis pada situasi nyata yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari. Berikut ini lima karakteristik asesmen kontekstual dalam soal hots :
  1. Relating, asesmen terkait langsung dengan konteks pengalaman kehidupan nyata.
  2. Experiencing, asesmen yang ditekankan kepada penggalian (explorating), penemuan (discovery), dan penciptaan (creation).
  3. Applying, asesmen yang menuntut kemampuan peserta didik untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kelas untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata.
  4. Comunicating, asesmen yang menuntut kemampuan peserta didik untuk mampu mengomunikasikan kesimpulan model pada kesimpulan konteks masalah.
  5. Transfering, asesmen yang menuntut kemampuan peserta didik untuk mentransformasi konsep-konsep pengetahuan dalam kelas ke dalam situasi atau konteks baru.

Contoh Soal HOTS dan Pembahasannya

Disuatu kandang terdapat 40 ekor ayam, 15 ekor diantaranya adalah jantan. Diantara ayam jantan tersebut, 7 ekor berwarna putih. Jika banyak ayam berwarna putih adalah 22 ekor, maka banyak ayam betina yang tidak berwarna putih adalah : 
A. 5 
B. 7 
C. 8 
D. 10 
E. 15

Soal diatas adalah salahsatu Soal HOTS Matematika yang representatif dalam pembahasan Soal HOTS. Jika anda telaah baik-baik, pastinya tidak mungkin rasanya siswa bisa menyelesaikan soal dalam hitungan detik. Hal itu dikarenakan siswa tidak bisa langsung menerapkan rumus dan menghitung dan menemukan jawabannya. Melainkan siswa harus menelaah beberapa hal yang "hilang" dalam soal tersebut. 

Hilang dalam arti belum diketahui, seperti Jumlah Ayam Betina, Jumlah Ayam Jantan yang tidak berwarna Putih, dan Jumlah Ayam Betina yang berwarna Putih. Dengan begitu siswa akan melalui proses "Menganalisis (analyzing)" seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Setelah siswa mengetahui beberapa hal yang belum diketahui tersebut, kini saatnya siswa melakukan "Mengevaluasi (evaluating)"

Proses ini terjadi saat siswa menilai rumus apa yang bisa digunakan untuk menemukan jawaban atas soal tersebut, yakni Jumlah Ayam Betina yang tidak berwarna putih. Jika siswa sudah menemukan Rumus/Cara untuk menghitung jumlah ayam betina yang tidak berwarna putih tersebut dengan data-data yang sudah dikumpulkan. Maka kini saatnya siswa melakukan "Mencipta (creating)", dalam arti menemukan jawaban dengan menggunakan rumus tersebut.

Jika dalam proses menganalisis, menevaluasi, dan mencipta sudah tepat, dipastikan siswa akan bisa menemukan jawaban yang tepat atas soal tersebut diatas. Berikut pembahasan dan jawaban dari soal yang kami bahas diatas :

Diketahui :
Total Jumlah Ayam = 40 Ekor
Ayam Jantan = 15 Ekor
Ayam Jantan Putih = 7 Ekor

Penyelesaian :
Putih
Bukan Putih
Jantan
7
....
15
Betina
...
...
Total
22
...
40

Putih
Bukan Putih
Jantan
7
.8
15
Betina
15
10
25
Total
22
18
40

Jadi jawaban dari Soal HOTS diatas adalah 10 Ekor Ayam Betina yang tidak berwarna Putih

Download Juga !!!


Sekian informasi terbaru yang dapat kami bagikan untuk Pembahasan Lengkap Contoh Soal HOTS Pada UN SMA/SMK. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang sudah menjadi kewajibannya sebagai pendidik. Terimakasih telah berkunjung ke blog fisika-pak-ipung.blogspot.com, dan sampai bertemu lagi dikesempatan yang akan datang.

Posting Komentar

 
Top