0
Mulai Tahun 2020 Guru Tak Linier Tidak Bisa Mengajar - Selamat datang kembali di fisika-pak-ipung.com, informasi yang akan kami bagikan pada kesempatan ini berkaitan dengan Linieritas guru-guru di Indonesia. Sebelumnya kami ucapkan banyak terimakasih untuk rekan-rekan guru yang sudah menyempatkan waktunya mampir ke blog kami.

Seperti yang kita ketahui dilapangan saat ini bahwa masih banyak guru yang memaksakan diri mengajar tidak sesuai dengan bidang jurusannya. Hal tersebut terjadi bisa disebabkan karena kekurangan guru dengan bidang jurusan yang sesuai sehingga memaksakan guru yang diluar bidang jurusannya.

Mulai Tahun 2020 Guru Tak Linier Tidak Bisa Mengajar
Mulai Tahun 2020 Guru Tak Linier Tidak Bisa Mengajar

Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019

Pada dasarnya aturan untuk linieritas guru sudah diatur sebelumnya dengan Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik, namun pelaksanaannya saja yang tidak maksimal. Pada tahun ini pemerintah telah menetapkan Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016.

Perubahan tersebut hanya terjadi pada bagian Lampiran yang mana pada permendikbud sebelumnya yang hanya satu lampiran menjadi Lampiran I hingga Lampiran V. Berikut kami cantumkan lampiran-lampiran tersebut.

Baca Juga : Mendikbud Terapkan Kebijakan Rotasi Guru Tiap 6 Tahun Sekali

Lampiran I
Kesesuaian Bidang/ Mata Pelajaran yang diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Taman Kanak-Kanak (TK)


Mulai Tahun 2020 Guru Tak Linier Tidak Bisa Mengajar

Guru yang memiliki sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas TK, dapat pindah dan mengajar di TK sebagai guru kelas TK apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGTK, PGPAUD, atau psikologi.

Lampiran II
Kesesuaian Bidang/ Mata Pelajaran yang diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Sekolah Dasar (SD)


Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019

Guru yang bersertifikat pendidik selain bersertifikat pendidik guru kelas SD, dapat pindah dan mengajar di SD sebagai guru kelas dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Guru bersertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau
  2. psikologi.
  3. Guru bersertifikat pendidik guru kelas TK (020) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau
  4. psikologi.
  5. Guru pada jenjang SMP, SMA, dan SMK atau sederajat yang telah memiliki sertifikat pendidik tertentu, apabila memiliki kualifikasi
  6. akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi.

Guru yang memiliki kode sertifikat pendidik 061 yang mengajar di sekolah dasar harus melakukan konversi dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Jika pada sertifikat pendidik tercantum nama bidang studi/mata pelajaran tertentu, maka guru perlu melakukan konversi kode
  2. sertifikat sesuai dengan bidang studi/mata pelajaran yang tercantum dalam sertifikat pendidik; atau
  3. Jika pada sertifikat pendidik tidak tercantum nama bidang studi/mata pelajaran tertentu, maka kode sertifikat dikonversikan
  4. berdasarkan hasil verifikasi dokumen pendukung, yang disetujui oleh LPTK penerbit sertifikat pendidik.
Berikut nama bidang studi/mata pelajaran dan kode sertifikasi yang dapat dikonversi :

Selengkapnya untuk :

Lampiran III
Kesesuaian Bidang/ Mata Pelajaran yang diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Lampiran IV
Kesesuaian Bidang/ Mata Pelajaran yang diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)

Lampiran V
Kesesuaian Bidang/ Mata Pelajaran yang diampu dengan Sertifikat Pendidik Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Bisa anda baca melalui :

Download Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019

Baca Juga !!!


Sekian informasi terbaru yang dapat kami bagikan untuk Mulai Tahun 2020 Guru Tak Linier Tidak Bisa Mengajar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang sudah menjadi kewajibannya sebagai pendidik. Terimakasih telah berkunjung ke blog fisika-pak-ipung.blogspot.com, dan sampai bertemu lagi dikesempatan yang akan datang.

Posting Komentar

 
Top