0
Daftar Sekolah Yang Terdeteksi Memiliki Data Siswa Ganda Pada DAPODIK 2019/2020 ini merupakan update terbaru fisika-pak-ipung.com yang akan kami bagikan pada kesempatan kali ini. Sebelumnya kami ucapkan juga terimakasih banyak bagi yang tengah mampir ke blog kami yang sederhana ini.

 Cara Memperbaiki Data Siswa Ganda Pada Dapodik (Dapdodikdasmen 2020)

Sebagaimana yang diumumkan oleh Setditjen Dikdasmen pada laman resminya dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id yang bermaksud untuk melakukan pembersihan/cleansing data khususnya untuk data berganda. Dari pemerikasaan hasil pemutakhiran data pada Tahun Ajaran 2019/2020 semester 1, ditengarai masih terdapat data siswa yang berganda, baik berganda dalam satu sekolah (satu orang siswa terdaftar/aktif lebih dari satu rombel dalam satu sekolah), maupun berganda antar sekolah (satu siswa terdaftar/aktif pada lebih dari satu sekolah).

Cara Memperbaiki Data Siswa Ganda Pada Dapodik (Dapodikdasmen Versi 2020) dan Daftar Sekolah tahun pelajaran 2019/2020 yang Terdeteksi Memiliki Data Siswa Berganda Pada Dapodik. Berdasarkan informasi dari laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, Server dapodikdasmen akan melakukan Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen. Akibat dari Pembersihan (Cleansing) Data Dapodikdasmen, maka data siswa yang terdeteksi berganda akan dikeluarkan dari Dapodik.

Baca Juga !!!


Sebagaimana diinformasikan dalam laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, Data sekolah yang terindikasi memiliki siswa ganda beserta data individu siswanya telah dikirimkan kepada Dinas Pendidikan/Kab/Kota/Provinsi dan LPMP untuk dilakukan verifikasi (data dikirimkan melalui email Dinas). Sekolah yang terkena aksi pembersihan/cleansing ini (sesuai daftar) akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS Broadcast. Lalu bagaimana Cara Memperbaiki Data Siswa Ganda Pada Dapodik (Dapodikdasmen) ? Berikut adalah tindakan/proses yang harus dilakukan dan diperhatikan oleh sekolah tersebut:
  1. Sekolah melakukan sinkronisasi atau jika diperlukan melakukan install ulang Aplikasi Dapodikdasmen;
  2. Untuk data siswa yang berganda dalam satu sekolah, maka setelah sinkronisasi data salah satu siswa yang berganda akan terhapus;
  3. Untuk data siswa yang berganda antar sekolah, maka setelah sinkronisasi kedua data siswa akan dikeluarkan dari aplikasi Dapodik di kedua sekolah dengan status keluar Mutasi dan alasan keluar Terdeteksi Siswa Berganda pada sub-menu PD Keluar;
  4. Selanjutnya sekolah yang mengklaim bahwa siswa yang datanya berganda tersebut adalah benar siswa di sekolahnya dan bermaksud untuk memasukkan kembali ke aplikasi Dapodiknya maka sekolah dapat menghubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi untuk melakukan pembatalan siswa keluar melalui manajemen Dapodikdasmen Dinas Pendidikan (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id:2019).

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk menghindari data berganda.
  1. Jika ada siswa yang mutasi ke sekolah lain, maka segera lakukan proses mutasi pada Aplikasi Dapodikdasmen dengan cara mengeluarkan dari rombelnya dan melakukan mutasi melalui menu Registrasi siswa kemudian lakukan sinkronisasi.
  2. Cetak Surat Keterangan Mutasi dari Manajemen Dapodikdasmen (https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ ) sebagai keterangan dan pengantar siswa yang mutasi tersebut untuk diserahkan kepada sekolah tujuan.
  3. Kepala sekolah untuk berperan aktif dengan turun langsung melakukan pengecekan akurasi data Dapodik dengan melibatkan seluruh stakeholder di sekolah (wakasek, guru, walikelas, operator dapodik).
  4. Kepala Sekolah untuk memeriksa Pakta Integritas/SPTJM dari aplikasi Dapodik untuk kemudian mengesahkannya.

Daftar Sekolah tahun pelajaran 2019/2020 yang Terdeteksi Memiliki Data Siswa Berganda Pada Dapodik (Dapodikasmen 2020) silahkan download disini

Baca Juga !!!


Sekian informasi terbaru yang dapat kami bagikan untuk Daftar Sekolah Yang Terdeteksi Memiliki Data Siswa Ganda Pada DAPODIK 2019/2020. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam membuat perangkat pembelajaran yang sudah menjadi kewajibannya sebagai pendidik. Terimakasih telah berkunjung ke blog fisika-pak-ipung.blogspot.com, dan sampai bertemu lagi dikesempatan yang akan datang.

Posting Komentar

 
Top